Jaringan Komputer Berdasarkan Area Atau Jangkauannya

JARINGAN KOMPUTER

BERDASARKAN AREA

 Jaringan Komputer

   Adalah koneksi antara dua komputer atau lebih, untuk saling terhubung secara fisik maupun logika sehingga dapat saling bertukar informasi,sumber daya,dsb. Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta ataupun memberikan layanan. Ada pun Jenis-jenis jangkauan dari jaringan komputer yang dibagi berdasarkan areanya.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer
1.PAN
2.LAN
3.MAN
4.WAN

PAN
PAN adalah singkatan dari Personal Area Network , PAN adalah jenis jaringan komputer dengan area paling sempit yaitu berjarak hanya beberapa meter saja.
PAN merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer,telephone,ponsel, televisi sistem keamanan rumah /CCTV yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet,
Contohnya seperti Hotspot / tethering , Bluetooth ,dsb.

LAN

LAN adalah singkatan dari Local Area Network , LAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang bersifat lokal , biasanya dihubungkan dengan router , hub , kabel UTP , dsb. Contohnya : Warnet , komputer-komputer di suatu instansi seperti sekolah dll.

MAN

MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network , Seperti namanya, yaitu metropolitan atau kota. MAN adalah suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar kota ,Wireless MAN biasanya bermain pada beberapa frekuensi, antara lain adalah 900 MHz, 1.5 GHz,2 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz, serta 5.8 Ghz. Dan frekuensi yang saat ini diijinkan oleh Pemerintah Indonesia untuk digunakan masyarakat umum adalah pada frekuensi 2.4 GHz. Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, biasanya akan dibutuhkan operator telekomunikasi yang mana dapat menghubungkan antara jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya. Misalnya, jaringan Depdiknas antar wilayah atau kota bahkan pula jaringan mall-mall agar dapat saling berhubungan dengan antar kota yang ada. Jaringan ini mencakup suatu kota yang dibekali dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Dapat dikatakan jika jaringan MAN merupakan beberapa jaringan LAN yang digabungkan. 

WAN

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network , jaringan WAN adalah jaringan yang sangat luas , karena WAN dapat mencangkup satu negara,benua dan bahkan seluruh dunia. Biasanya WAN menggunakan sarana fasilitas seperti kabel fiber optik bawah laut ataupun satelit. kecepatan jaringan ini biasanya beragam dari mulai 2 Mbps , 34 mbps , 45 Mbps , 155 Mbps , dan bahkan dapat mencapai 625 Mbps atau lebih. Contoh yang mudah dari jaringan ini adalah : Internet






    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Project Ara , Bagus buat yang suka Otak-Atik HP